Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sambal Tomat Enak Dan Nikmat. Yuk! Intip Resepnya Berikut Ini...




    Sambal tomat merupakan salah satu jenis sambal yang mempunyai cita rasa gurih dan segar. Dengan bahan utama tomat, sambal ini sangat cocok jika disantap dengan menu ayam, bebek, ikan, tahu, maupun tempe yang digoreng. Selain rasanya yang nikmat, sambal ini juga cara mengolahnya sangat sederhana. Sambal tomat banyak disukai karena selain rasa cabainya yang pedas, tomatnya pun memiliki rasa yang asam dan menyegarkan.
   Sambal tomat bahkan dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menyantap sambal tapi tidak berani makan sambal yang terlalu pedas. Bagi yang tidak terlalu suka pedas, anda dapat lebih banyak menggunakan tomat dibanding cabainya. Tentu saja rasanya tetap saja nikmat karena dipadukan dengan rempah-rempah yang memperkaya rasa sambalnya.
   Tomat yang diolah menjadi sambal ini tidak hanya menjadi sayuran buah yang nikmat, tapi juga menyehatkan. Pasalnya, tomat mempunyai kandungan gizi seperti serat, antioksidan, dan vitamin A yang bermanfaat mencegah penyakit jantung, mencegah kanker, dan melancarkan pencernaan asalkan dikonsumsi secara cukup. 
    Bagi anda yang ingin mencicipi sambal tomat enak, anda dapat membuat sambal ini sendiri di rumah untuk keluarga tercinta lho. Selain cara mengolahnya yang sederhana, bahan-bahannya pun dapat dengan mudah anda dapatkan. Anda pun dapat menentukan tingkat pedasnya sesuai selera anda jika membuat sambal sendiri. Penasaran dengan resep dan bagaimana cara membuat sambal tomat enak, nikmat dan bikin nagih? Yuk! Intip resepnya berikut ini:

Bahan:
  • 100 gram cabai merah rawit
  • 150 gram cabai merah keriting 
  • 1sdt terasi bakar 
  • 2 buah tomat merah
  • 8 butir bawang merah 
  • 3 siung bawang putih 
  • 3 butir kemiri 
  • 1 sdt garam
  • Gula merah secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Cara membuat:
  1. Panaskan minyak goreng secukupnya dalam wajan. Goreng cabai keriting merah, cabai rawit merah, tomat merah, bawang merah, bawang putih dan kemiri. Goreng sampai layu.
  2. Tambahkan terasi yang sudah dibakar.
  3. Siapkan cobek bersih, haluskan bahan sambal yang sudah digoreng tadi. Tambahkan gula merah secukupnya dan garam. Haluskan kembali dan usahakan semua bahan tercampur merata. Sajikan.
    Sambal tomat enak siap dihidangkan sebagai teman makan dengan nasi putih hangat beserta lauk pauknya. Sajikan bersama lauk pauk seperti ayam goreng, ikan goreng, tahu tempe goreng, lalapan atau lauk pauk lainnya yang akan semakin menambah kelezatan dalam menyantapnya. Perlu diketahui, apapun lauk pauknya tetap cocok jika disandingkan dengan sambal tomat enak ini. Dijamin lidah akan  terus bergoyang untuk makan lagi, lagi dan lagi. 
    Cara membuat sambal tomat enak sangat mudah bukan? Anda dapat mempraktekan membuat sambal tomat enak ini sendiri di rumah untuk keluarga tercinta anda. Semoga resep diatas dapat bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "

Resep Sambal Tomat Enak Dan Nikmat. Yuk! Intip Resepnya Berikut Ini...

"