Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sambal Tomat Lalapan Spesial Yang Pedas Dan Nikmat. Yuk! Simak Resepnya Berikut Ini...




    Anda pernah mencicipi sambal tomat lalapan? Sambal tomat lalapan merupakan salah satu jenis sambal tomat yang seringkali disandingkan dengan berbagai jenis lalapan. Bagi kebanyakan lidah orang Indonesia, menikmati kuliner yang tak pedas pasti kurang terasa lezat dan nikmat. Masakan yang tak pedas juga terasa hambar dan kurang menggugah selera. Jadi, tak heran sekiranya kini ini timbul banyak resep sambal yang pedas atau kuliner yang dimasak dengan bumbu berlimpah cabai.
    Sambal tomat lalapan mungkin sangat tidak asing di telinga orang yang doyan makan dengan sambal. Rasa dari sambal tomat lalapan ini juga sangat pedas dan nikmat yang menggigit di lidah. Dijamin siapa saja yang mencicipinya pasti akan ketagihan, ingin makan lagi, lagi, dan lagi. Sambal tomat lalapan sangat cocok dipadukan dengan nasi putih hangat. Namanya juga sambal tomat lalapan, pasti wajib disandingkan dengan berbagai macam lalapan. Lalapan yang disarankan untuk sambal tomat lalapan seperti terong goreng, timun, kangkung rebus, daun singkong rebus, pete, ataupun jenis lalapan lainnya. 
    Bagi anda yang ingin mencicipi kenikmatan makan dengan sambal tomat lalapan, anda dapat membuat sambal tomat lalapan sendiri di rumah lho. Cara membuatnya sederhana dan bahan-bahannya pun bahkan mudah didapatkan, karena bahannya tak jauh berbeda saat membuat sambal pada umumnya. Penasaran dengan resep dan bagaimana cara membuat sambal tomat lalapan yang pedas, gurih dan nikmat? Yuk! Intip resepnya berikut ini:

Bahan:
  • 50 gram cabai besar merah
  • 50 gram cabai rawit merah
  • 50 gram cabai keriting merah
  • 150 gram bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 buah tomat merah
  • 1 sdm gula pasir 
  • 1 sdm gula merah
  • 1/4 sdt terasi
  • Kaldu bubuk ayam secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Cara membuat:
  1. Cuci bersih cabai besar merah, cabai rawit merah, cabai keriting merah, tomat, bawang merah dan bawang putih.
  2. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng cabai besar merah, cabai rawit merah, cabai keriting merah, tomat, bawang merah, bawang putih dan terasi hingga layu. Angkat dan tiriskan.
  3. Siapkan cobek atau blender, haluskan semua bahan yang sudah digoreng tadi.
  4. Panaskan wajan lagi, goreng kembali sambal yang sudah dihaluskan dengan minyak secukupnya. Masukkan gula pasir, gula merah, garam dan kaldu bubuk secukupnya. Masak hingga kemerahan dan berminyak. Angkat.
  5. Dinginkan, simpan di dalam wadah tertutup. 
    Sambal tomat lalapan siap dihidangkan sebagai teman makan dengan nasi putih hangat beserta lalapan dan lauk pauk lainnya. Sajikan bersama lalapan seperti pete, jengkol, terong goreng, timun, daun singkong, dan lauk pauk seperti ikan goreng, tahu tempe goreng ataupun lauk pauk lainnya yang akan semakin menambah kelezatan dalam menyantapnya. 
     Sambal tomat lalapan dapat disandingkan dengan jenis lalapan atau lauk pauk apapun, cita rasanya akan tetap lezat, nikmat dan pastinya bikin nagih. Cara membuat sambal tomat lalapan sangat mudah sekali bukan? Anda dapat mempraktekan membuat sambal tomat lalapan sendiri di rumah untuk keluarga tercinta anda. Semoga resep diatas dapat bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "

Resep Sambal Tomat Lalapan Spesial Yang Pedas Dan Nikmat. Yuk! Simak Resepnya Berikut Ini...

"