Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sambal Matah Tomat Yang Segar, Pedas Dan Nikmat. Yuk! Intip Resepnya Berikut Ini...




    Anda pernah mencicipi sambal mantah? Sambal matah yaitu sambal tradisional khas Bali yang dapat ditemukan di semua tempat di Provinsi Bali. Sambal berarti saus pedas pada umumnya, dan matah mempunyai arti mentah. Sambal matah yaitu sambal dengan bahan yang digunakan mentah tanpa digerus (diulek). Bahan-bahan sambal matah yaitu bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi, garam, sereh, jeruk lemo/jeruk purut dan minyak kelapa.
   Bahan-bahan untuk membuat sambal matah dirajang kemudian diberi terasi yang direndam dan dihancurkan dalam minyak kelapa. Setelah terasi hancur bersama minyak kelapa, lalu disiramkan pada bahan-bahan yang telah dirajang tadi. Sambal matah diaplikasikan sebagai bumbu hidangan seperti ayam sisit, sate lilit dan ikan bakar. 
    Ciri khas saus pedas matah yaitu rasanya yang pedas, dan amat digemari oleh masyarakat Bali yang memang mempunyai selera makanan pedas. Sambal matah pada umumnya dihidangkan tak lebih dari sehari. Karena, kalau lebih dari sehari bahan-bahannya telah mengeluarkan bau yang kurang sedap dan sambal ini tak dapat dipanaskan. Perpaduan bahan-bahan mentah dalam sambal matah amat baik bagi kesehatan tubuh.
    Namun, apa jadinya jika bahan utama sambal matahnya itu tomat. Anda pernah mencicipi sambal matah tomat? Sebenarnya sambal matah tomat tidak jauh berbeda dengan sambal matah pada umumnya. Hanya saja yang membedakan yaitu sambal matah tomat lebih banyak menggunakan tomat, sehingga namanya sambal matah tomat. Bagi anda penggemar tomat, sambal matah tomat adalah pilihan yang pas untuk anda. Selain rasanya yang segar, tomat juga memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh kita.
    Bagi anda yang ingin membuat sambal matah tomat tetapi tidak tahu cara membuatnya, anda tidak perlu khawatir. Sebab, cara mengolah sambal matah tomat sangat sederhana, bahan-bahannya pun mudah anda dapatkan. Penasaran dengan resep dan bagaimana cara membuat sambal matah tomat yang segar, pedas dan nikmat? Yuk! Intip resepnya berikut ini: 

Bahan:
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 8 buah bawang merah
  • 3 batang serai, ambil putihnya saja
  • 5 buah cabai rawit
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 buah tomat
  • 3 buah jeruk sambal
  • 1 bungkus terasi udang, bakar dan haluskan
  • 3 sdm minyak goreng
  • Garam, kaldu bubuk, gula secukupnya
Cara membuat:
  1. Cuci bersih semua bahan.
  2. Potong tipis-tipis bawang merah, cabai merah keriting, cabai rawit, serai, dan daun jeruk. Masukkan semua bahan yang sudah dipotong kedalam sebuah mangkuk.
  3. Tambahkan garam, kaldu bubuk, gula dan terasi yang telah dibakar dan dihaluskan. Remas-remas semua bahan.
  4. Potong-potong tomat sesuai selera anda, masukkan kedalam mangkok.
  5. Panaskan minyak goreng dalam wajan secukupnya, lalu tuang kedalam mangkok.
  6. Terakhir, peraskan jeruk sambal kedalam mangkok dan aduk semua bahan sampai tercampur merata. Sajikan.
    Sambal matah tomat siap dihidangkan sebagai teman makan dengan nasi putih hangat beserta lauk pauknya. Sajikan bersama lauk pauk seperti ayam goreng, ikan goreng, tahu tempe goreng, sate lilit ataupun lauk pauk lainnya yang akan semakin menambah kelezatan dalam menyantapnya. 
    Cara membuat sambal matah tomat sangat mudah bukan? Anda dapat membuat sambal matah tomat sendiri di rumah untuk keluarga tercinta anda. Semoga resep diatas dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "

Resep Sambal Matah Tomat Yang Segar, Pedas Dan Nikmat. Yuk! Intip Resepnya Berikut Ini...

"